Berita

MAJELIS HAKIM TIPIKOR TANJUNG PINANG VONIS BERSALAH

03/05/21 - penkumkejatikepri - MAJELIS HAKIM TIPIKOR TANJUNG PINANG VONIS BERSALAH TERDAKWA KORUPSI PENGADAAN ALAT PRAKTEK OTOMOTIF REKAYASA PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU TA 2018
Hakim Majelis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Pinang yang diketuai M. DJAUHAR SETIADI, hari ini Senin 3 Mei 2021 memutus bersalah para terdakwa dalam kasus pengadaan alat praktek otomotif rekayasa pada Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2018 masing-masing bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan Subsidair Penuntut Umum yakni Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 
DA yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam kegiatan tersebut dan DS selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan dihukum masing-masing selama 1 tahun dan 6 (enam) bulan penjara, sedangkan AZ yang merupakan pelaksana pekerjaan dihukum selama 1 (satu) tahun dan 3 (tiga) bulan penjara. Selain itu, masing-masing terdakwa juga dihukum membayar denda masing-masing sebesar 50 (lima puluh) juta rupiah yang apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan masing-masing selama 2 (dua) bulan. Sebelumnya Penuntut Umum menuntut para terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 1(satu) tahun dan 8 (delapan) bulan penjara.
Adapun kerugian keuangan negara dalam perkara tersebut yakni sebesar Rp. 777.200.000,00 (tujuh ratus tujuh tujuh juta dua ratus ribu rupiah), oleh karena kerugian tersebut sudah dikembalikan oleh para terdakwa pada saat penyidikan maka Majelis Hakim memerintahkan agar Penuntut Umum menyetorkan uang tersebut ke Kas Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau
Persidangan dilaksanakan secara virtual dengan para terdakwa mengikuti dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Pinang dengan menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan/memakai handsanitizer dan menjaga jarak serta dihadiri penasihat hukum para terdakwa dan Penuntut Umum TRIYANTO, SH.MH.
@kejaksaan.ri
@kejaksaanrb
Kejari Bintan, Dian Artanto dan 10 lainnya
1 Komentar