Rakornas Kewaspadaan Nasional Dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu

janmarinka

kejati-kepri.go.id – Hari ini Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Edy Birton, S.H.,M.H mengikuti rapat koordinasi nasional tentang kewaspadaan nasional jelang pileg pilpres 2019 yang di selenggarakan di batam. kamis 28 februari 2019

Acara yang dibuka oleh menkopolhukam wiranto dengan menghadirkan narasumber Mendagri Cahyo Kumolo, Jaksa Agung yang diwakili oleh Jaksa Agung Muda Intelijen Dr. Jan S Marinka, Kapolri yang diwakili oleh Asops Kapolri dan Panglima TNI yang di wakili oleh Pangdam I Bukit Barisan, Kepala BSSN serta unsur Panwaslu dan KPU.

Rapat Kali ini pada intinya membahas tentang antisipasi serta kesiapan seluruh kepentingan  dalam mendukung penyelenggaraan pemilu sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing serta potensi ancaman gangguan dan hambatan yang diperkirakan lahir baik dari sisi keamanan, sisi penegakan hukum maupun terkait dengan administrasi penyelenggaraan pemilu.

Pada kesempatan tersebut Jaksa Agung Muda Intelijen Dr. Jan S Marinka menekankan pada pentingnya peran Kejaksaan dalam melakukan cipta kondisi mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang aman, tertib, jujur dan adil. Cipta kondisi tersebut antara lain terkait dengan penigkatan kesadaran hukum masyarakat, hal ini mengingat penegakan hukum bukanlah merupakan industri yang keberhasilannya dinilai dari banyaknya perkara yang ditangani, melainkan penegakan hukum dikatakan berhasil  apabila tingkat kejahatan semakin menurun dan kesadaran hukum masyarakat semakin bertambah.

Selanjutnya peran Kejaksaan akan diwujudkan antara lain melalui peran serta dalam Gakkumdu, Perkara pidana lainnya disamping tindak pidana pemilu yaitu penanganan sengketa dan gugatan terkait dengan pelaksanaan pemilu, peran serta dalam mengawal pembangunan melalui TP4, jaga desa, dan akhirnya mewujudkan cipta kondisi situasi yang tenang dan dapat mewujudkan penyelenggaraan pemilu.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kepala Daerah Provinsi  Gubernur, Walikota, Bupati dan seluruh Forkominda termasuk para Kajati dan Kajari sepuluh Provinsi di Wilayah Sumatera.

author
No Response

Leave a reply "Rakornas Kewaspadaan Nasional Dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu"