Kajati Kepri Ikut Menyaksikan Penenggelaman Kapal Asing di Natuna

IMG-20181030-WA0048

     Selasa 30 Oktober 2018 , Dalam kunjungannya pagi itu pukul 09:00 Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulaun Riau Dr. Asri Agung Putra, SH.,MH., dan Kajari Natuna Julisnur, SH.,MH serta Bupati Kepulauan Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Riau Iskandar, S.sos ikut menyaksikan eksekusi penenggelaman kapal ilegal fishing oleh Kejaksaan Negeri Natuna di Perairan Selat Lampa Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

     Eksekusi tersebut dilaksanakan setelah putusan perkara tersebut telah berkekuatan hukum tetap. Sesuai amar putusan Pengadilan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) perkara dimaksud diperintahkan sebagai eksekutor untuk menenggelamkan kapal sampai tidak dapat dipergunakan kembali.

IMG-20181030-WA0050

     Kajati Kepri mengatakan, penenggelaman puluhan kapal illegal fishing itu, terbilang ramah lingkungan, Karena tidak lagi menggunakan bahan peledak maupun bahan kimia seperti tahun-tahun sebelumnya, yang dapat merusak ekosistem laut,“Jadi ini aman, kapal tersebut dilubangi terlebih dahulu, lalu di isi batu sebagai pemberat dan di isi air laut. Jadi kapal itu tidak timbul lagi. Metode ini kami rasa sangat efisien dan menghemat biaya,” terangnya. Jalannya eksekusi juga dibantu oleh personel TNI AL dari Lanal Ranai, Satuan Polair Polres Natuna dan PSKD Kementrian Perikanan dan Kelautan (KKP).

author
No Response

Leave a reply "Kajati Kepri Ikut Menyaksikan Penenggelaman Kapal Asing di Natuna"