Jaksa Agung di anugrahi gelar Datok Wira Amar Adiwangsa

    Tanjungpinang, 22 September 2018 tepatnya sabtu malam di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jaksa Agung Republik Indonesia, HM Prasetyo, SH dianugerahi Penabalan gelar Datok Wira Amar Adiwangsa oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau, dalam acara tersebut Turut hadir Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wagub Kepri Isdianto, Kajati Kepri DR Asri Agung Putra SH.MH.,Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah berserta Istri Hj Rismarini Arif Fadillah,Bupati Natuna Hamid Rizal, FKPD dan Kepala OPD, Jajaran Lembaga Adat Melayu, Pegawai Kejati Kepri beserta tamu undangan lainnya.

1537850516228_InstaSaver

    Nama Datok Wira Amar Adiwangsa  itu punya arti khusus, Pahlawan yang Menjalankan Perintah Bangsa Yang Utama. Gelar adat Melayu itu dianugerahkan ke HM Prastyo, atas dedikasi Jaksa Agung RI sebagai putra bangsa dalam menjalan tugas, Selain itu kejaksaan juga telah berkomitmen dengan memberikan edukasi dengan program Jaksa masuk sekolah.

    Terhadap gelar adat ini, Jaksa Agung HM Prasetyo  mengatakan ini adalah sejarah paling bahagia dia bersama pasangannya. Karena diberi amanah menjadi keluarga besar masyarakat Melayu Kepulauan Riau. “Sesuatu suka cita saya bersama istri, ini menjadi kesan yang tak terlupakan bagi saya,” kata Prasetyo.

    Dalam kesempatan tersebut, Jaksa Agung juga membaca beberapa bait gurindam yang sangat tersohor di muka bumi, dimana sangat dalam makna dan pesannya, Pada kesempatan ini pula, Gubernur meminta kepada Jaksa Agung agar dapat membantu para stakeholder di pusat untuk menjembatani permintaan yang sudah diajukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Apalagi dalam Nawacita Presiden yang akan menjadikan Indonesia poros maritim dunia, disini Gubernur sampaikan bahwa perlunya undang undang daerah kepulauan.

    Penyematan gelar sendiri berlangsung dengan khidmat, diawali dengan pembacaan warkah petuah istiadat 12 Muharram 1440 H berdasarkan SK Nomor 14 Tahun 2018, kemudian pemasangan tanjak oleh Ketua LAM Kepri, dilanjutkan dengan pemasangan selempang oleh Gubernur Kepri dan ditutup dengan pemasangan keris oleh Wakil Gubernur Kepri.

author
No Response

Leave a reply "Jaksa Agung di anugrahi gelar Datok Wira Amar Adiwangsa"