Kejati Kepri Upacara Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia ke-25 Tahun 2018

ddKejati-kepri.go.id –  Meskipun dengan cuaca yang tidak mendukung di Wilayah Kepulauan Riau, Kejati Kepri tetap melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia ke-25 tahun 2018 yang di ikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Kepri, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang dan Kejaksaan Negeri Bintan di Aula Sasana Baharuddin Lopa Kejati Kepri. HUT PJI yang sedianya jatuh pada tanggal 15 juni 2018, namun dikarenakan bertepatan dengan perayaan hari raya idul fitri 1438 H, maka baru dapat dilaksanakan pada hari ini. Jumat, 29 juni 2018

Sesuai amanat Jaksa Agung RI, Kajati Kepri Dr. H Asri Agung Putra, S.H.,M.H selaku pembina upacara menyampaikan bahwa HUT PJI tahun 2018 kali ini mengambil tema “menjaga harkat martabat profesi untuk memperkuat konstitusi kejaksaan”. Adalah sebuah tema yang kontekstual dan relevan mengingat kedudukan kejaksaan dalam konstitusi yang masih perlu diperjelas posisi dan tempatnya dalam tatanan ketatanegaraan kita.  Kejaksaan yang seharusnya merupakan organ Negara utama, main state’s organ selama ini di tempatkan hanya sebagai lembaga yang dianggap tidak penting. Sementara itu lembaga penunjang, auxiliary state organs yang fungsi sesungguhnya sebatas pelengkap organ Negara, justru mendapat perhatian dan diatur secara jelas dan konstitusi.

Berkenaan hal tersebut, hendaknya organisasi PJI mampu menjadi motor penggerak yang terus aktif menggulirkan semangat perjuangan terwujudnya ruang pengaturan peran, posisi dan kedudukan yang tegas eksplisit dan jelas bagi kejaksaan dalam susunan ketatanegaraan, sesuai harapan kita bersama dan semakin memberikan kontribusi positif bagi institusi secara aktif memberikan masukan dan saran. Seperti halnya keberhasilan PJI mengajukan permohonan judicial review ke Mahkamah Konstitusi RI terhadap pasal 99 UU no. 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan anak yang secara tidak sejalan dan bertentangan dengan prinsip kemandirian jaksa sebagai pejabat khusus yang bila dibiarkan akan dapat menimbulkan kekhawatiran dalam menjalankan proses hukum anak.

Pada bagian akhir sambutan saya selaku pimpinan kejaksaan menyatakan dukungan kepada PJI dalam upaya meningkatkan citra profesi dan institusi, dengan salah satunya menyelenggarakan “PJI AWARD” melengkapi dan sebagai tambahan bahan pertimbangan bagi pimpinan kejaksaan saat menerapkan kebijakan pemberian reward bagi insan jaksa yang dinilai bersungguh-sungguh telah melakukan berbagai langkah nyata yang baik, terpuji dan bermanfaat di tengah masyarakat.

author
No Response

Leave a reply "Kejati Kepri Upacara Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia ke-25 Tahun 2018"